Selasa, 31 Januari 2012

Mereka Bertanya Tentang Arti Namaku




Malam semakin larut ketika mereka satu persatu memperkenalkan nama asli mereka. Lo, kok nama asli? Memangnya selama ini mereka memakai nama samaran? Seperti mata mata saja. <smile>

“ Kalau kamu Wan, Ridwan itu nama asli kamu?” Tanya Bunda Ti sambil memasukkan KTPnya kembali ke dalam dompet.

Aku tersenyum “ Tunggu ya, ini lihat KTPku..” kusodorkan KTPku pada Bunda Ti.

“ Jadi ini nama asli kamu Wan?” tanyanya sambil memperhatikan tulisan tulisan di KTPku.

“ Ya bund,”

“ Coba lihat.” Mas Anto meraih KTPku dari tangan Bunda Ti.

“ Lalu kalau Ridwan?” 

“ Itu nama kecilku Bund,”

“ Maksudnya?”

“ Kalau yang di KTP itu nama lahirku Bund, kalau Ridwan itu nama kecilku. Muhammad Ridwan”

“ Kok mbulet sih Wan, apa bedanya nama kecil sama nama lahir perasaan sama deh”

“ Gak sama Bund,”

“ Bedanya? Persaan nama lahir sama nama kecilku sama “ mas Anto menimpali.

“ Kalau aku gak sama mas. Ceritanya Bund, wedeh, kayak mau mendongeng aja…” aku nyengir kuda, Bunda Ti dan mas Anto ikutan nyengir kuda juga melihat ekspresiku. Mungkin aku ini lucu ya, aku nyengir aja semua juga ikut nyengir. Gegegegegegeg…..

“ Waktu aku lahir dulu, aku di kasi nama kayak yang tertulis di KTP itu. Tapi karena setiap malam aku suka nangis dan minta ke jalan besar, akhirnya ibu sama bapak bawa aku ke orang pinter. Orang pinternya itu yang bilang kalau aku gak cocok pake nama itu, maka itu harus di ubah. Nama Muhammad Ridwan itu pemberian orang pinter itu. Begitu ceritanya.”

“ Oalah, gitu, “ 

“ Ya, mas, tapi sampe sekarang, yang di tulis di dokumen resmi ya nama yang ada di KTP itu mas, walau nama M. Ridwan juga di akui…”

“ Kayak status sekolah aja ‘diakui’…”

Wagggagagagagagaga….. kami tertawa serempak.

“ Artinya namamu itu apa sih Wan. Kan katanya setiap nama itu punya arti.”

“ Yang mana Bund?”

“ Yang mana aja, nama tua juga boleh..”

Wagagagagagagagag…..

“ Kalau yang di KTP itu Edy Purnomo kan. Kalau Edi sendiri artinya ‘sangat baik, indah, sedap dipandang’,….”

“ Cie…… muji diri sendiri ne ceritanya….” Bunda protes.

“ Lo, gak Bund, asli itu artinya, lihat aku baik kan orangnya, enak di lihat, indah, sedap di pandang, ganteng….”

“ Woooooo…… “

Wagagagagagagagaga…..

“ Kalau Purnomo itu berasal dari kata purnama. Yang berarti ‘bulan purnama’ atau ‘terang’. Jadi kalau di gabungin kira kira artinya ‘orang yang sangat baik, indah, dan sedap di pandang seperti bulan purnama yang terang’”

Yang hadir disana tertawa terkekeh. “ Sak karepmu Wan…” ujar Bunda Ti sambil tertawa lepas.

“ Lo bener lo itu. Namaku itu sangat bagus artinya. Semacam doa dari orang tuaku yang selalu melekat untuk aku.” Ah, berbangga sedikit punya nama yang bagus tidak dilarang bukan… :)

“ Nah kalau Muhammad Ridwan?” yang lain nyeletuk.

“ Kalau Muhammad-nya artinya ‘Yang terpuji, di rahmati’, seperti nama Nabi. Kalau Ridwan itu artinya ‘keridhaan’. Ridwan juga nama malaikat penjaga pintu surga dalam ajaran islam bukan? Jadi kalau di gabungin, Muhammad Ridwan itu kurang lebih artinya ‘orang yang terpuji dan diridhai’”

Aku memandang semua yang hadir di sana. “ Namaku indah bukan? Dan semoga aku bisa menjaga keindahan namaku dengan tingkah laku yang baik juga”

“ Amin….” Yang lain menjawab serentak.

“ Nah itu arti namaku, kalau kalian, apa arti nama kalian?”


catatan :
nama yang aku sebutkan disini masih belum termasuk nama panggilanku di beberapa tempat.

Arti kata :
Mbulet                 :    jawa; rumit
Sak karepmu        :    jawa ; (kurang lebih) semaumu saja
Nyeletuk               :    jawa ; menyela pembicaraan

Bagi yang ingin tahu arti namanya silahakan berkunjung ke
http://www.nama.web.id/           


22 komentar:

  1. haha jd nama di ktp edi purnomo to mas...m.ridwan nama pembrian org pnter hehe..

    BalasHapus
  2. Wegegeggeee... Ternyataaaaaaaaaaaa.. Om punya nama lebih dari satu yah?? Asiiik duunk..^_^

    BalasHapus
  3. wkwkwk... jadi edy purnomo dan Muhammad Ridwan itu 2 in 1 ya?
    pemberian orang pintar (?)

    orang pintar = guru = aku. wegewegewege.... :)

    tapi arti dari keduanya bgs, Om :)

    BalasHapus
  4. begitulah kenyatannya @meutia rahmah, wegegegegegege .....

    BalasHapus
  5. asik lah @rusdah hayati, hidup jadi lebih berwarna..... maksudnya? wegegegegege.....

    BalasHapus
  6. jangan2 ini adiknya edy supono alias Parto Patrio... wkwkwkwkwkwk

    tapi namanya emang bagus kang, sesuai harapan ortu, dan saya percaya kang Ridwan bisa mewujudkannya

    BalasHapus
  7. @Insan Robbani wagagagagaga, adiknya parto katanya.... :D

    amin kang ....

    BalasHapus
  8. pas baca yang terlintas difikiran apakah om ridwan bersaudara sama edi supeno, eh tau nya komennya dah diduluin sama mas Insan. btw, semoga apa yang diharapkan orangtua om lewat nama om bisa terus diwujudkan

    BalasHapus
  9. @Rima Aulia wegegegegege, ternyata kalian sehati ya.... :D

    maasih doanya rima .....

    BalasHapus
  10. wah punya banyak inisial yah kak?wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  11. punya dua nama ya om...
    hihiiiii

    dua duanya keren kok :)

    BalasHapus
  12. wegegegegegege, begitulah....., makasih dah berkunjung @selvi

    BalasHapus
  13. oo ternyata mas Edy Purnomo.... :D

    BalasHapus
  14. nama adalah doa.. meskipun punya beberapa nama, yg penting panggilannya bagus.. begitu kan om Edy Purnomo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget,
      makasih supportnya ....

      Hapus
  15. Aku baru baca ini. Hehehe ternyata bener kaaaan ... apapun bisa jadi bahan tulisan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bund.....
      berkat dukungan bunda juga.... :)

      Hapus
  16. aku mau nulis arti namaku juga ahh kak m. edi purnomo ridwan, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo monggo,
      ditunggu karyanya ya.... :)

      Hapus

silahkan berkomentar di kolom komentar ini untuk meninggalkan jejak di blog ini. gunakan komentar anda sebagai bukti kunjugan anda ke blog ini. terimakasih.
.
.
.

Baca juga yang ini